Selasa, 10 November 2009

Persiapan Drum Corp Bahana Swara Seruyan Saat Akan Berlaga di Malaysia (Arsip 2009)


Bupati Siapkan Kostum Terbaru, Siap Kalahkan Negara Peserta

Mewakili Indonesia pada ajang kejuaraan internasional, tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi banyak orang, sekaligus tantangan bagi para pesertanya yang akan diberangkatkan. Begitulah gambaran bagi 120 orang putra putri asal Kabupaten Seruyan yang tergabung dalam Drum Corp Bahana Swara Seruyan (BSS) yang akan berlaga di negeri Jiran Malaysia pada kejuaraan Kuala Lumpur World Marching Band Competation yang akan dihelat tanggal 14 - 19 Desember mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, kepercayaan penuh diberikan kepada DC BSS untuk membawa nama harum Indonesia, yang mana diharapkan dapat dapat menaklukkan beberapa negara peserta yang akan ikut ambil bagian pada kejuaraan internasional tersebut, seperti dari Thailand, Brunei Darussalam, Taiwan, Afrika Selatan maupun Malaysia sebagai tuan rumah penyelenggara.

Hingga saat ini, DC BSS sendiri masih terus menggejot latihan guna sebagai persiapan mereka mengikuti kejuaraan tersebut. Bertempat di lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang sebagai tempat latihan, ke-120 orang begitu serius mengikuti aba-aba maupun petunjuk dari sang pelatih yang terdiri dari sebanyak 6 orang pelatih yang sengaja didatangkan khusus dari Balikpapan yang ber-base camp di Jakarta.

“Sampai saat ini kita terus menggenjot latihan kepada mereka yang akan bertanding di Malaysia nantinya. Kita harapkan dengan latihan sejak dini secara rutin dan serius, persiapan kita dapat lebih matang sehingga hasil yang diperoleh nantinya dapat lebih memuaskan,” kata Fendi Setiawan selaku Manager Tim DC BSS.

Ketika ditanya mengenai sejauh mana kesiapan sampai saat ini, Fendi menuturkan, pada intinya pihaknya sudah siap begitu juga seluruh pesertanya juga telah siap untuk unjuk kebolehan pada ajang internasional yang baru pertama kali diikuti.

“Untuk peralatan latihan saat ini, kita masih menggunakan peralatan lama yang dibeli pada tahun 2004-2005 lalu, namun untuk alat yang akan digunakan pada kejuaraan di Malaysia nantinya, pihaknya telah mendapatkan sponsor dari Wijaya Music (WM) di Jakarta, dimana mereka (WM, red) telah bersedia untuk meminjamkan alat-alat mereka untuk diboyong ke sana,” ucap Fendi.

Sebenarnya, terang Fendi, yang akan mewakili Indonesia itu ada dua drum corp, yakni selain drum corp BSS, juga akan diikuti oleh drum corp Garuda Indonesia Jakarta. “Kita bangga BSS kita mendapatkan kesempatan untuk berlaga di kejuaraan internasional kali ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Seruyan HM Darwan Ali, yang belum lama ini telah dilantik sebagai Ketua Umum Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia (PDBSI), mengatakan, menghadapi kejuaraan di Malaysia tersebut, pihaknya telah menyiapkan kostum terbaru yang belum pernah ditampilkan saat mengikuti pertandingan-pertandingan sebelumnya.

“Kita harapkan segala bentuk dukungan baik itu dari Pemda Seruyan maupun pribadi, baik itu berupa pendanaan maupun yang lainnya, dapat menjadi penyemangat bagi seluruh peserta andalan, sehingga dapat tampil dengan penuh percaya diri,” kata Darwan di Kuala Pembuang belum lama ini, seraya mengharapkan target juara yang dicapai pada kejuaraan tersebut minimal juara II bisa diraih untuk BSS.

Darwan juga menyampaikan, pihaknya juga akan kembali mengganggarkan untuk pembelian alat-alat drumband yang baru senilai Rp6 milyar. “Untuk alat-alat yang ada saat ini atau alat-alat yang lama, nantinya akan kita serahkan kepada anggota drum band BSS junior untuk mereka latihan. Kita harapkan dengan alat-alat yang baru nantinya, anak-anak BSS kita dapat lebih bersemangat saat mengikuti pertandingan,” ucap Darwan.

Adapun beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh DC BSS Kabupaten Seruyan pada setiap ajang perlombaan yang pernah diikuti, diantaranya, Juara Umum Gubernur Cup (Kalteng) tahun 2003 hingga 2007, Juara Umum Oven Tournament Palangka Raya Cup tahun 2004, Juara III Kejurnas di Semarang tahun 2006, mengikuti Pra PON di Banyuwangi tahun 2007 dan Peringkat ke-II Kejurnas di Surabaya tahun 2008.


Sumber dari KUALA PEMBUANG, PPOST 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar